twitter


Saatnya menyimpulkan materi presentasi kelompok 5 mengenai Analisis Pendapatan Nasional.


Kayanya kalau udah dengar yang namanya analisis, pikiran kita pasti bilang "ah elah ribet banget sih", hahaha secara pusing gitu, apalagi harus menganalisis pendapatan nasional. Ya tapi memang semuanya itu harus di analisis agar semua jelas. Manfaat dari menganalisis pendapatan nasional adalah untuk dapat mendapatkan data-data terperinci, apa aja sih barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam satu periode. kalau bicarain masalah pendapatan ataupun uang, pasti ada hubungannya dengan inflasi. Apa sih inflasi itu? Inflasi adalah kenaikan harga. Harga naik tapi tidak bisa diimbangi oleh daya beli konsumennya, kembali lagi karena faktor pendapatan yang kurang. Kurva Philip mengatakan hubungan antara inflasi dan pengangguran, bila inflasi naik maka pengangguran akan turun. Bahkan apabila pertumbuhan ekonomi naik 1% maka pengangguran akan turun 0,46%. AKAN TETAPI pernyataan kurva philip itu tidak sesuai di Indonesia, karena walaupun harga naik, tetap aja terjadi lautan pengangguran. Sungguh sangat menyedihkan ... hikz..hikz...
Faktor yang mempengaruhi kemajuan nasional adalah :
1. Kondisi sosial
* lingkungan hidup
tidak bisa dipungkiri lingkungan hidup adalah hal yang sangat berpengaruh, kalau lingkungannya baik, maka kita akan baik, tapi sebaliknya kalu lingkungan itu "kotor" maka kita pun akan "kotor".
* Cara Orang Tua Membesarkan
Orang tua pasti ingin yang terbaik dalam membesarkan anaknya, jika didikan kepada anaknya baik, maka anaknya pun akan baik. tapi kalau gak baik, ya gak baik nanti anaknya.
* Ekonomi Sulit
Kalau ekonomi sulit, bagaimana akan maju dan baik. orang yang benar-benar terhimpit masalah ekonomi, pasti mereka akan melakukan cara apapun untuk mendapatkan uang, walaupun dengan cara yang salah. Contoh, di sebuah kota jika Orang Tua mempunyai seorang anak perempuan itu merupakan sebuah aset yang istimewa, karena sang anak itu pasti akan menghasilkan uang (tau kan maksudnya,,,hehehe).

2. Politik
Politik juga berpengaruh dalam kemajuan nasional. poltik yang stabil dan baik, akan menarik para pemegang saham untuk bergabung, akan tetapi politik yang tidak stabil akan membuat para pemegang saham bubar.
Sehingga Pemerintah harus meneliti dengan baik sektor apa yang tinggi, yang akan meningkatkan pendapatan bagi negara.

0 komentar:

Posting Komentar