twitter


Manusia dan Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan segala tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berkewajiban menaggung , memikul jawab, menanggung segala sesuatu atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tangung jawab meliliki arti yang sangat luas ,misalkan :

1. Tanggung jawab pada diri sendiri
Tanggung jawab pada diri sendiri menuntut kesadaran kita untuk memenuhi kewajiban diri kita sendiri dalam mengembangkan kepribadaian kita. misalkan : kita sebagai seorang pelajar maka tanggung jawab kita adalah belajar dengan tekun agar mendapatkan prestasi supaya kita tidak mengecewakan orang disekeliling kita .

2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga adalah bagian dari masyarakat yang kecil yang hanya terdiri bapak, ibu ,kakak ,adik dan juga keluarga lain yang menjadi anggota keluarga . Tiap anggota keluarga meiliki tanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab pada keluarga ini tergolong berat karena harus menjaga nama baik keluarga agar nama keluarga tidak tercemar dari kejelekan – kejelekan .

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia sudah ditakdirkan tidak bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lain ,karena manusia adalah makhluk sosial yang di ciptakan untuk saling tolong menolong. Tanggung jawab didalam masyarakat meliputi sopan santun , kerjabakti , membantu masyarakat lain atau anggota keluarga lain .

4. Tanggung jawab kepada Bangsa dan Negara
Tangung jawab pada Bangsa dan Negara bahwa tiap manusia atau tiap individu adalah warga Negara suatu Negara . Dalam hal berpikir , berbuat , bertindak manusia terikat oleh norma – norma atau hukum – hukum yang berlaku yang sebagaimana yang telah tercantum didalam UUD 45. jadi , manusia tidak dapat bertinkahlaku sesukanya sendiri dan apabila manusia itu bertingkah laku seenaknya dan melanggar hukum yang berlau . maka , manusia itu dapat dikenakan sanksi atau hukuman yang tercantum didalam UUD 45 .

5. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Manusia diciptakan oleh Tuhan di muka bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi tanggung jawabnya secara langsung terhadap penciptannya yaitu Allah SWT . Contohnya : melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya . Jika kita melangar semua ketentuan – ketentuan yang telah ditentukan pencipta kita. Maka, kita akan mendapat hukuman atau dosa tetapi hukumannya tidak seperti didalam UUD 45 melainkan diakhirat nanti kita akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan apa yang kita lakukan didunia .

0 komentar:

Posting Komentar