twitter


Manusia dan Kebudayaan

Budaya
Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi(budi atau akal) yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris disebut culture (Kultur), dan bahasa Latin disebut Colere yang artinya mengolah, mengerjakan dan memelihara ladang atau bertani.

Kebudayaan
Pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah di dalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.(Edward B. Tylor)
Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat (Selo Sumardjan)

Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat, karena hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar.


Manusia dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis,rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otakberkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologikebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembanganteknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan. Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Terdapat beberapa proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi. Selanjutnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai

1) penganut kebudayaan,

2) pembawa kebudayaan,

3) manipulator kebudayaan,dan

4) pencipta kebudayaan.


Pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian. Dalam rangka survive maka manusia harus mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara.

Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya bisa kita sebut sebagai way of life, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

Manusia punya banyak sekali keragaman dalam budaya dan sosial.Di antaranya :

  • Budaya religi, menyangkut kehidupan beragama atau budaya dalam beragama. Contohnya, banyaknya agama di indonesia sehingga masing-masing dari agama tersebut memiliki budaya tersendiri atau peraturan-peraturan yang mengharuskan umatnya melakukan kewajiban yang sudah di tentukan oleh masing-masing agamanya.
  • Budaya organisasi kemasyarakatan, menyangkut masalah sosialitas dalam berorganisasi dalam masyarakat. Contohnya, dalam acara kemerdekaan banyak sekali setiap warga atau masyarakat membuat sebuah organisasi untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang di ikuti oleh warganya sendiri. Itu termasuk dari budaya masyarakat dalam berorganisasi di lingkungan masyarakat.
  • Budaya pengetahuan, menyangkup semua ilmu pengetahuan yang di pelajari oleh masyarakat indonesia. Dalam pembelajaran ilmu-ilmu pengetahuan yang ada pada saat ini terdapat budaya dalam pengetahuan. Contohnya, belajar pengetahuan alam adalah bagian dari budaya alam, lalu belajar pun adalah sebuah budaya yang sudah di terapkan dari zaman dahulu kala.
  • Budaya ekonomi, menyangkut perekonomian yang ada di dunia ini. Contohnya, dalam perdagangan yang membuat terjadinya tukar menukar antara barang dan uang.
  • Budaya teknologi dan peralatan, menyangkup budaya dalam berteknologi. Contohnya, berbagi teknologi antar manusia yang telah berkembang dari zaman ke zaman.
  • Budaya Bahasa, menyangkup bahasa-bahasa yang ada di indonesia. banyaknya bahasa yang ada di indonesia di setiap daerahnya. Contohnya, kita hidup di indonesia dan bahasa kita adalah bahasa indonesia tetapi di indonesia masyarakat setiap daerah mempunyai bahasa tersendiri yaitu bahasa Jawa, Sunda, Batak, dll.
  • Budaya Kesenian, menyangkup kesenian-kesenian yang ada di indonesia. Contohnya, banyak sekali kesenian yang ada di indonesia yang harusnya sampai sekarang harus di budayakan jangan sampai di ambil oleh negara lain.

0 komentar:

Posting Komentar