twitter


Tugas Menganalisis Compiere


Nama                   : Aprilia Rahmawati
Kelas/NPM          : 4KA12/10109705
Mata Kuliah         : Konsep Sistem Informasi Lanjut..




Saya akan menjelaskan beberapa tentang compiere.

Compiere (dieja kompjereadalah sebuah ERP dan solusi bisnis CRM sumber terbuka untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam bidang distribusi dan jasa., dan merupakan software ERP berbasis open source pertama kali dan paling banyak digunakan oleh banyak user. Compiere  di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.

Setelah saya menjelaskan tentang compiere, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pesyaratan apa saja yang harus dilakukan untuk menginstall compiere. Diantaranya yang pertama kita harus menyiapkan Komputer dengan spesifikasi yang memadai, aplikasi compiere 3.1 Community Edition, database ( kita coba menggunakan oracleXE), Java JDK 6,  dan tidak ada service MySQL yang sedang berjalan.

Setelah kita sudah memenuhi persyaratan tersebut barulah kita mencoba untuk menginstall Compiere. Ada pun cara penginstallannya sebagai berikut :

Pertama-tama kita download terlebih dahulu Compiere 3.1 di http://sourceforge.net/projects/compiere/files/latest/download, setelah di download pasti filenya berbentuk rar/zip jadi nanti extract dulu di direktori c:, setelah selesai buka file RUN_setup.bat dan nanti akan muncul tampilan seperti ini :


Setelah muncul maka isi field-2nya yang sudah ada. Khusus untuk field Server isikan dengan nama komputer yang digunakan, pilih databasenya yang akan digunakan, system password masukkan saja password system dari database sementara Database User adalah nama database dari Compiere yang akan diinstall dan password adalah password yang akan digunakan, terakhir klik test untuk menguji fielnya apa sudah diisi dengan benar apabila berwarna kuning maka data sudah diisi dengan benar jika berwarna merah berarti ada yang salah, lalu klik save untuk melanjutkan instalasi.  

Beberapa saat kemudian akan muncul layar untuk menginstall server. Klik Start Server Install, tunggu sampai selesai karena prosesnya lumayan memakan waktu, jika sudah selesai lalu klik create database.

Apabila proses diatas sudah selesai selanjutnya compiere sudah siap digunakan, sekarang buka compiere2.exe, cari aja di desktop biasanya setelah installasi sukses maka akan ada shortcut compiere dengan icon C.

 Setelah di klik Nanti akan muncul tampilan login compiere seperti ini 


lalu klik icon checklist nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Seperti yang anda telah lihat screenshot diatas ada  beberapa menu pada compiere, yaitu adalah Order Management, Procurement, Material Management, Returns, Costing, Application, Dictionary, dll.
Tapi saya belum mengetahui satu persatu fungsinya, karena belum mengetahui lebih lanjut.
 
Adapun yang saya bisa simpulkan adalah bahwa kelebihan dan kekurangan dari compiere sebagai berikut :

KELEBIHAN COMPIERE
  •   Implementasi ERP yang cepat dan fleksibel
  •  Perangkat lunak ERP open source komersil
  •   Arsitektur Model-Driven yang memudahkan pengontrolan
  •  Aplikasi ERP yang dirancang untuk Ekonomi Global.
KELEMAHAN COMPIERE
  • Untuk community edition (yang masih free) ada beberapa kekurangan:
  •  Tidak tersedia lagi WebUI  (demikian juga dengan Standard edition)
  • Tidak tersedianya PDF exporter (hanya da versi demo,padahal ini penting sekali)
  • Selain database EnterpriseDB,hanya bisa pakai oracle XE (Tidak bisa pakai oracle standard atau Profesional)
Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Compiere




                 





















1 komentar:

  1. ok, nice posting

Posting Komentar