twitter


Konon kabarnya, lama tidur yang idel itu sekitar 7 sampai 8 jam. Dengan begitu, pas bangun tubuh akan lebih sehat, bahkan umur bisa lebih panjang. Ternyata, riset paling anyar yang meneliti tentang hubungan berapa lama seseorang tidur dengan panjang umur, menyatakan mereka yang biasa tidur samapai 5 jam setipa hari, malah bikin daya tahan hidup lebih baik.
Riset ini sempat dilakukan oleh para ilmuwan deri University of California San Diego jurusan School of Medicine selama 14 tahun terhadap sekitar 450 responden cewek yang umurnya beranjak manula sampai yang benar-benar manula. Hasil riset tersebut menunjukkan, responden yang tidurnya antara 5 sampai 6,5 jam, umurnya lebih panjang.
Memang studi ini beda banget sama laporan riset sejenis sebelumnya. Dimana studi yang dilakkan dengan skala yang lebih besar di Amerika, malah mengindikasikan bahwa tidur yang kurang dari 7 jam, risiko kena penyakit jantung cukup besar. Dalam kajiannya, tidur kurang dari 6,5 jam lebih memungkinkan meninggal di umur sekitar 65 tahun.
Jadi, ga usah khawatir kalau sehari tidur tidak sampai 7 atau 8 jam. Tidur sekitar 5 sampai 6,5 jsm secara konsisten, kondisi tubuh juga masih baik juga. Malah ada yang bilang tidur sekitar 5 sampai 6,5 jam jauh lebih sukses.

0 komentar:

Posting Komentar